Selain Potensi Alam, Kearifan Lokal Desa Gunung Gijul Sangat Kuat

By / 4 weeks ago / LAMPUNG UTARA / No Comments
Selain Potensi Alam, Kearifan Lokal Desa Gunung Gijul Sangat Kuat
Foto Riki ; Kerjasama dan gotong royong masyarakat dalam membangun, bagian dari kearifan lokal desa gunung gijul.

Foto Riki ; Kerjasama dan gotong royong masyarakat dalam membangun, bagian dari kearifan lokal desa gunung gijul.

Berita24.id : Lampung Utara —  Dengan adanya rencana Pemerintah Daerah Lampung Utara, dalam Pengembangan Pariwisata, mendapat respon positif dari tiap Wilayah yang memiliki Karakteristik Potensi wisata untuk ditonjolkan.

Salah satunya Desa Gunung Gijul Kec.Abung Tengah, yang menyambut baik rencana Pemda Lampura, dengan menonjolkan potensi alamnya yang begitu kaya akan sumber alam dan habitat flora dan fauna serta di tunjang dengan kearifan lokal (local wisdom) masyarakat masih tetap terjaga dengan baik.

Bahkan desa gunung gijul pernah menorehkan penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Pusat, sebagai penghargaan ikut serta dalam melestarikan lingkungan hidup, khususnya di desa gunung gijul, ditambah dengan adanya aturan desa yang di buat dan di sepakati secara bersama.

Menurut salah satu Tokoh masyarakat setempat, Faiza Reza saat kami Konfirmasi, senin, (19/11), mengungkapkan, dalam hal ini pentingnya peran Pemerintah Daerah yang diharapkan mampu memberikan perhatian pada satu wilayah yang mempunyai potensi objek wisata agar dapat di kembangkan.

Berbagai potensi alam yang dimiliki desa gunung gijul, tentunya agar ada dampak dari kegiatan kepariwisataan, dengan harapan dapat mensejahterakan masyarakat yang ada di desa tersebut.

Salah satu contoh Kearifan Lokal yang ada di desa Gunung gijul yaitu, Hutan Larangan Adat, hal ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat sekitar bersama-sama ikut serta melestarikan hutan, dimana ada peraturan untuk tidak boleh menebang pohon dihutan.

“Kita harapkan harus ada sanksi denda adat yang telah di sepakati secara bersama-sama, dan adanya satu kesepakatan tentang satu hari bebas asap, yang dilaksanakan setiap bulannya, baik itu asap rokok maupun asap pembakaran, yang merupakan salah satu bagian dari aturan desa yang di sepakati bersama dalam rangka ikut menjaga alam dari polusi udara,”jelasnya.

Dikatalannya, Desa wisata gunung gijul yang bisa dijadikan obyek penelitian, yang memiliki sumber daya alam yang masih alami dengan berbagai habitat flora dan fauna serta sumber mata air yang melimpah dan didukung dengan budaya masyarakat yang  masih memegang kuat norma-norma adat dan aturan desa yang ada.

Dilanjut Fajar, adanya faktor pendukung dalam rangka pengembangan potensi pariwisata desa gunung gijul yaitu adanya program pengembangan destinasi pariwisata, karakteristik sumber daya alam yang dimiliki sebagai potensi pariwisata, dan dukungan masyarakat dalam pengembangan pariwisata. Sedangkan faktor penghambat adalah Aksebilitas menuju lokasi wisata yang kurang memadai.

“Agar dapat memaksimalkan pengembangan potensi pariwisata berbasis kearifan lokal (local wisdom) perlu adanya perhatian dari Pemerintah Daerah untuk meningkatkan aksebilitas, sarana dan prasarana yang lebih baik,” Harap Faiza.(riki/si)

 

redaksi berita24.id

The author didn't add any Information to his profile yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod