Serda Muji Ajak Warga Stop BAB Sembarangan




Berita24.id : Tulangbawang — Masih minimnya kesadaran masyarakat dibidang mesehatan nampaknya membuat Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kampung Sumber Agung, Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang, Serda Muji, terus bergerak mensosialisasikan tentang  bahayanya resiko buang air besar sembarangan Senin, 13/05/2019.

Dijelaskan Muji, jika kebiasan buruk tersebut bisa memicu timbulnya penyakit bagi lingkungan. Selain itu, bau busuk serta penyakit lainnya akan mudah menyerang kesehatan masyarakat luas.

“Stop buang air sembarangan. Kami lakukan sosialisasi itu kepada masyarakat bersama Tim dari Puskesmas Rawa Pitu,” jelas Muji.

Muji berharap masyarakat bisa mengerti akan kesehatan lingkungan dengan pola hidup sehat.

“Bangun WC yang menggunakan Septictank. Jangan WC cumplung yang menimbulkan banyak penyakit,” lanjut dia

Hal sama juga dilakukan Bintara Pembina Desa ( Babinsa) Kampung Hargo Rejo, Kecamatan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang, Serda Supodo, mengecek secara langsung masyarakat yang masih menggunakan WC cemlung di Kampung Hargo Rejo, Senin, (13/05/2019).

Saat ditemui wartawan di rumah Sukaji, warga setempat, Serda Supodo mengatakan jia pihaknya harus turun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data akurat.

“Saya harus mengambil langkah datang sendiri ke rumah warga untuk bisa melihat dan memperoleh data yang akurat tentang siapa yang masih menggunakan WC cemplung. Hal itu dilakukan agar bisa berkoordinasi dengan aparatur kampung dan juga puskesmas, untuk bisa bersama- sama membantu masyarakat agar memiliki
jamban yang sehat,” jelasnya.

TNI-AD ada program jambanisasi, lanjut dia, alangkah lebih baiknya program dari TNI-AD, Dinas Kesehatan dan juga dari Kampung, menganggarkan bersama untuk keperluan membuat jamban masyarakat, dengan tujuan akhir, Kampung Hargo Rejo bebas WC cemlung.(rlz)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.