Sosialisasi TTG, Masyarakat dan Pemerintah Desa Harus Bisa Manfaatkan Potensi SDA

By / 4 weeks ago / BENGKULU / No Comments
Sosialisasi TTG, Masyarakat dan Pemerintah Desa Harus Bisa Manfaatkan Potensi SDA

 

Foto Iksan : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Kaur hari ini jum'at (16/11/18) saat mengelar sosialisasi.

Foto Iksan : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Kaur hari ini jum’at (16/11/18) saat mengelar sosialisasi.

Berita24.id : Kaur (Bengkulu)— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Kaur hari ini jum’at (16/11/18), Menggelar rapat Sosialisasi Teknologi Tepat Guna (TTG) di Aula Bappeda-Litbang.

Kegiatan TTG ini dibuka langsung Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Ahpindar. Dalam Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Sulastri tenaga ahli PMD, perwakilan dari Desa sekabupaten Kaur yang terdiri fari 15 Kecamatan di setiap desa mengutus perwakilannya masing-masing lima orang , serta instansi terkait di ruang lingkup Pemda Kabupaten Kaur adapun jumlah peserta yang hadir dalam acara TTG ini lebih kurang 120 orang.

Dalam sambutannya Ahpindar menyampaikan bahwa Penerapan Teknologi Tepat Guna harus sesuai dengan aturan dan bemanfaat bagi masyarakat.

” Sumber daya alam Kaur selama ini belum dimanfaatkan secara baik serta tidak memperhatikan daya dukung, mengabaikan kepentingan masyarakat seharusnya ini harus dihentikan,”paparnya.

Lebih lanjut dikatakan kabid, bahwa kabupaten Kaur ini sangat kaya dengan suber daya alam, seperti hasil hutan, kopi, bebatuan dan hasil pertanian kekayaan laut dan sebagaminya.

“Ketika potensi desa sudah dapat digali, tinggal dimanfaatkan. Kita sudah MoU dengan LIPI dan mudah-mudahan 2019 akan dapat direalisasikan dengan baik,”imbuhnya.

Sebab lanjutnya, Pengelolaan SDA harus berdasarkan prinsip keberlanjutan, keterpaduan, berkeadilan, demokrasi.

“Ini komitmen global dan tuntutan reformasi yang harus kita terapkan bersama sehingga kabupaten kaur akan kaya dengan potensi yang kita milki,”jelasnya.

Sementara itu sambutan dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulastri, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Percepatan pemberdayaan masyarakat desa harus dikelola dengan baik, karna untuk mencapai kesejahteraan masyarakat desa.

“Pemerintah desa bisa menggali potensi Sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia(SDM) yang ada di desa nya masing-masing agar apa yang di programkan pemerintah melalui sistim TTG bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat banyak, sehingga masyarakat menjadi sejahtera dengan memanfaatkan hasil sumber daya alam,”tukasnya.(iksan/si)

redaksi berita24.id

The author didn't add any Information to his profile yet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked. *

download free uapkmod,action game apk mod, android apps apk mod