Tekan DBD, Diskes Tubaba Gelar Fogging




 

Berita24.id : Tulangbawang Barat — Menyikapi maraknya Penyakit Demam Berdarah yang tengah meresahkan warga Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akhir-akhir ini terlebih di musim penghujan.

Untuk mengantisipasi hal ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat, turunkan petugas melakukan Foging. Salah satu upaya pihak Dinas setempat, guna memberantas Nyamuk Demam Berdarah, yang di sebabkan oleh Nyamuk Aides Aigepty.

Kegiatan tersebut berlangsung tepatnya di Tiyuh Gedung Ratu, kecamatan Tulangbawang Udik, (tbu),Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Rabu(13/3/2019).

Dinas Kesehatan Tubaba terus menghimbau agar warga tetap waspada, dengan cara bergotong-royong menggiatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dan melakukan M3 plus, agar nyamuk tidak bersarang.

Seperti dikatakan Rizal Sanjaya, Salah seorang Petugas Dinas Kesehatan Setempat, disela kegiatan Fogging mengatakan pihaknya meminta agar warga tetap waspada dengan menguatkan (PSN) Pemberantasan Sarang Nyamuk.dan Bergotong-royong Dengan cara melakukan M3 plus.

“Foging yang kita lakukan tidak lain guna membunuh nyamuk dewasa, dan jentik nyamuk. Saat ini pihak dinas juga telah mempersiapkan serbuk (ABATE) Obat Jentik, salah satu upaya menekan pertumbuhan nyamuk serta memutuskan mata Rantai pengembangbiakan bibit nyamuk,”paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bagi Warga yang membutuh Serbuk (Abete)/Obat Pembunuh Jentik guna menekan pertumbuhan Nyamuk penyebab Demam Berdarah bisa menghubungi Puskesmas Wilayah Kerja setempat.

“Bagi warga yang membutuhkan serbuk (abate)/ obat jentik, bisa langsung menghubungi puskesmas wilayah kerja masing-masing” terangnya

Di tambahkan pula oleh Sekretaris Kesehatan Tubaba Majril, bahwasanya, Obat Jentik atau pun Foging yang pihak dinas lakukan hanya sebatas Menekan, bukan Memberantas.

“Fogging atau obat-obatan dari dinas sifatnya hanya menekan, upaya dan peran serta dari masyarakatlah yang menentukan, dengan cara bergotong-royong melakukan PSN/pemberantasan sarang nyamuk, serta menjalankan M3 plus agar nyamuk tidak bersarang “tegasnya. (medi/san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.