Telusuri Sejarah Mesuji, Dispusar Kirim Surat ke Dudataan Besar Kerajaan Belanda




Berita24.id  : Mesuji —- Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji terus gencar melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Mesuji. Pembinaan tersebut tidak lain terkait tata kelola perpustaan sekolah baik SD maupun SMP di Mesuji.

Kepala Dispusar Najmul Fikri melalui Sekertaris Dispusar Mesuji Agung Subandara mengatakan, sejauh ini yang kita jumpai disekolah-sekolah dimesuji masih banyak penempatan dan tata kelola perpustakaannya yang belum maksimal. Untuk itulah pihaknya melakukan pembinaan sekalugus sosialisasi.

“Memang banyak kita temukan perpustakaan sekolah yang isinya hanya Buku pengayakan saja dan ini rata – rata terjadi di sekolah yang ada dimesuji. Seharusnya diisi dengan buku – buku fiksi, pengetahuan umum dan buku sejarah lainnya,.”tegas Agung.

Dipaparkan Agung, sosialisasi dan bimbingan yang kita lakukan ini tentunya diharapkan kedepan perpustakaan disekolah benar – benar tertata rapi dan sesuai apa yang sudah kita sampaikan kepihak sekolah.

“Pembinaan itu tidak lain memberikan arahan bagai mana cara menyusun buku, membuat katalog buku, penataan ruang perpustakaan dan beberapa poin lainnya. Tujuannya tidak lain agar perpustakaan ini benar-benar maksimal,”imbuhnya.

Tak hanya itu, Agung Subandara juga menjelaskan, selain sosialisasi terkait perpustakaan, pihaknya juga saat ini tengah melakukan penelusuran sejarah Kabupaten Mesuji. Bahkan, untuk menelusuri itu, kita tengah mengirimkan surat kedutaan besar kerajaan Balanda.

“Berkaitan dengan sejarah mesuji kita sudah mengirimkan surat ke kedutaan besar kerajaan belanda untuk berkerjasama.  Kita juga mengumpulkan benda-benda yang memiliki bernilai sejarah,  salah satu contoh iseran (alat untuk pengiling beras yang terbuat dari batu yang berumur lebih dr 70 tahun), hasil penelusuran itu nanti akan kita pamerkan pada ajang Mesuji expo pada stand dispusar November mendatang,”tukasnya sembari mengatakan bahwa masyarakat berhak membantu untuk mengumpulkan bukti  barsejarah Mesuji.(san)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.