Tidak Harus ke Dokter, Batu Ginjal Bisa Disembuhkan Sendiri, Caranya?




Minum air putih yang banyak bisa keluarkan batu ginjal (Foto: Lifehack)

Minum air putih yang banyak bisa keluarkan batu ginjal (Foto: Lifehack)

berita24.id – Ketika asupan air mineral seseorang kurang cukup, ia bisa mengalami batu ginjal. Namun, beberapa orang tidak menyadari bahwa dirinya tidak penyakit ginjal.

Menurut dr Ginova Nainggolan, Sp.PD, KGH, sebagai Sekjen Perhimpunan Nefrologi Indonesia, gejalan batu ginjal kerap tidak menimbulkan gejala. Pada beberapa orang terjadi kolik pada ginjal.

“Kembali enggak ada gejalanya. Paling ia sakit pinggang, kencingnya berdarah, atau ada nyeri sekali (kolik). Tapi ini hanya beberapa dari mereka saja dan enggak semua,” jelas dr Ginova di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017).

Selain itu, nyeri pinggang yang dirasakan dari area pinggang belakang menjalar ke area depan.

Ketika Anda menjumpai beberapa gejala tersebut, cobalah minum banyak air putih untuk meredakan gejala dan mengeluarkan batu ginjal itu.

“Batu ginjal bisa sembuh sendiri. Tergantung ukurannya. Kalau ukurannya di bawah 5 mm. Minum banyak, ia bisa keluar,” tambah dr Ginova.

Lain halnya ketika gejala yang dirasakan tidak kunjung reda. Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan, sehingga kondisi Anda bisa memulih kembali. (hel/okz)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan