Wujudkan Polisi Kita, Polres Lampura Tempatkan Diri Dalam Posisi dan Fungsinya




Feature : Riki Antoni, Reporter Media Online Berita24.id

Berita24.id : Lampung Utara — Setelah era Reformasi bergulir, pada 1 April 1999, POLRI dipisahkan dari TNI. Dalam rangka menempatkan Polri dan TNI pada posisi dan fungsi yang seharusnya.

Sejak Orde Baru (Orba) berkibar. Sejak itulah lnstitusi Polri berbenah diri, untuk memperkuat posisi dan fungsinya, serta berupaya mengubah Tagline-nya sebagai “PENGAYOM DAN PELINDUNG MASYARAKAT”.

Oleh Karena itu, Polri kembali dibawah naungan Presiden, setelah 32 tahun dibawah Menhankam/ Panglima ABRI. Berdasarkan Undang-undang No.2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI, menyebutkan bahwa Polri merupakan alat Negara yang berperan dalam Pemeliharaan Kamtibmas, Gakkum, serta memberikan Perlindungan, Pengayom, dan Pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya Kamdagri.

Momentum POLRI berbenah diri.

Artinya., masyarakat masih memiliki harapan yang besar kepada lnstitusi Polri, bila Reformasi di tubuh lnternal Polri terus bergulir dengan baik. Dan tentunya, banyak hal yang perlu dibenahi di tubuh Korp Polri itu sendiri, salah satunya adalah, Pembenahan pada Sistem pengawasan lnternal, agar terciptanya Polri yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, dalam menjalankan fungsinya untuk memberikan pelayanan, sebagai Pengayom dan Pelindung Masyarakat.

Untuk itu, mari kita melihat pembenahan dan program inovasi yang di canangkan oleh Polres Lampung Utara, di wilayah hukumnya, di bawah Tongkat Komando AKBP. Budiman Sulaksono.S.IK, yang di percaya Kapolda Lampung Brigjen Pol. Purwadi Ariyanto menjabat sebagai Kapolres Lampura, menggantikan Posisi AKBP. Eka Mulyana.S.IK pada tanggal 25 Oktober 2018 yang lalu.

Dibawah Komando mantan Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Lampung ini, AKBP. Budiman Sulaksono.S.IK tetap melanjutkan Program dan lnovasi yang telah dilakukan Kapolres sebelumnya, dan tentu saja beliau juga mempunyai lnovasi dan Gebrakan baru, sebagai orang nomor satu di lnternal Polres Lampura, dalam rangka menjamin terciptanya Kamtibmas yang lebih baik di wilayah hukumnya.

Diketahui, bahwa Jabatan Kapolres merupakan Pimpinan tertinggi di Polres, dalam mengemban tugas untuk Memimpin, Membina, Mengawasi, dan Mengendalikan satuan Organisasi di lingkungan Polres dan unsur pelaksana kewilayahan jajarannya. Dibawah Pengawasan Kapolda yang terkait dengan pelaksanaan tugas.

Untuk itu, dalam rangka terciptanya kamtibmas upaya dan program yang dilakukan AKBP. Budiman Sulaksono.S.IK, di Polres dan wilayah hukumnya Lampung Utara, dalam rangka menciptakan “POLISI KITA POLISI LAMPUNG UTARA” dengan tujuan adalah, untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, sebagai Pengayom dan Pelindung masyarakat, serta dalam rangka menjalankan dan mempertahankan Program Kapolri Jendral Pol, Prof.Drs.H. Tito Karnivian. M.A, Ph.D.

Namun, untuk dapat mewujudkan semua itu, tentunya perlu dukungan dan kerjasama dengan semua pihak dan masyarakat, agar program yang dicanangkannya dapat terwujud, dan berjalan sesuai dengan harapan yang di inginkan.

Tetapi, dalam menciptakan Keamanan, Ketertiban dan Kenyamanan ditengah masyarakat, bukan hanya tanggung jawab pihak Kepolisian saja, sebagai Aparat Keamanan, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab kita semua lapisan masyarakat, untuk dapat bersama-sama turut serta menciptakannya.

Dalam hal ini, Perlu kita Apresiasi dengan langkah yang di ambil AKBP. Budiman Sulaksono.S.IK yang mana baru sepekan dilantik menjabat sebagai Kapolres Lampura, dirinya tidak menunggu lama dalam melakukan pembenahan, dan menjalankan program yang dicanangkannya, agar tercipta Kamtibmas, Gakkum, dan Pengayom di wilayah hukum Lampura khususnya.

Langkah awal yang dilakukannya adalah, melakukan pengecekan Kesehatan di tubuh Organisasi lnternal Polres Lampura, sebagai upaya agar jajarannya dapat menciptakan Kondisi Kamtibmas yang lebih sehat diwilayah Lampura.

Dan kemudian dirinya menggagas Program yaitu, ‘SAFARI SHUBUH’ yang dilakukan secara rutin bersama jajarannya, menyambangi Masjid-masjid yang ada di wilayah Lampura, berbaur bersama masyarakat dalam rangka mempererat Silaturahmi, baik itu alim ulama, tokoh masyarakat, adat, Lembaga, dan lnstansi Vertikal di Pemkab Lampura, agar dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat, dalam menyampaikan  Pesan dan Himbauan KAMTIBMAS kepada masyarakat.

Program Safari Shubuh yang sedang di galakan Kapolres Lampura, bersama Jajarannya, sekaligus memberikan pencerahan secara langsung kepada masyarakat, agar tidak mudah percaya terhadap Isu/ berita Hoax, memberikan himbauan Ronda malam dalam menjaga lingkungan Masing-masing.

Memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak mudah di pecah belah oleh Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama, ikut serta menjaga Situasi Kamtibmas yang lebih Kondusif, Jelang Perayaan Natal dan menyambut pergantian Tahun 2019.

Langkah yang di ambil Polres Lampura itu tentunya, agar masyarakat merasa bahwa lnstitusi Polri Khususnya di wilayah Lampura,  Benar-benar ada dalam menciptakan Rasa Aman di Tengah-tengah masyarakat, sesuai dengan Posisi dan Fungsinya.

Meskipun demikian, pihak Polres Lampura juga ikut berinovasi dalam memberikan Pelayanan kepada masyarakat.

Sistem Management Terpadu (SIMAMET) yang menjadi lnovasi pelayanan Polres Lampura.

Contohnya : Sistem pelayanan, CJS Online, Smart City, SP2HP Online, SKCK Online, Panic Button, Patrol Monitor, Call Center 110, E-3 Pilar Kamtibmas, Pelayanan Cepat Terpadu, Rumah Aman Anak dan Wanita, semua ini sebagai hasil dari lnovasi di bidang pelayanan, yang telah berjalan khususnya di Polres Lampura, artinya dalam hal ini, ada pesan yang ingin di sampaikan oleh Institusi Polri pada umumnya, agar masyarakat tahu bahwa, lnstitusinya telah berhasil bereformasi dari era Orde baru.

Dalam hal ini tentunya, Kapolda Lampung, Brigjend Pol. Purwadi Arianto, mempunyai alasan yang kuat, menempatkan AKBP. Budi Sulaksono.S.IK sebagai Kapolres di Kab.Lampura, yang di kenal sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung, yang rawan terjadinya Konflik, tindak Kriminal, dan Peredaran Narkoba yang masih menjadi Problem dan PR besar, pihak Polres Lampura, bersama semua pihak untuk dapat menumpasnya.

Sebagai orang nomor Satu di Polres Lampura, tentunya AKBP. Budiman Sulaksono.S.IK, bertanggung Jawab untuk dapat menciptakan Kamtibmas, dan Gakkum yang lebih baik dan Profesional di Wilayah hukumnya.

Dan semua langkah dan program yang dilakukannya bersama Jajaran, bertujuan untuk dapat mewujudkan Kondusifitas Jelang Pesta Demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, hingga berakhirnya Pesta Demokrasi 5 tahunan tersebut, berjalan Aman, Damai, dan Sejuk, Khususnya di Kabupaten Lampung Utara sebagai Wilayah Hukumnya……Bravo Polres Lampung Utara, Semoga Semakin Sukses.




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.