Baca juga: Luna Maya hingga Pat Gouw tampil dalam koleksi UNIQLO dan JW Anderson
Pada kolaborasi perdana pada 2021, koleksi yang ia luncurkan memuat pesan buat memotivasi orang-orang supaya tetap bersikap positif menghadapi pandemi COVID-19.
“Saya senantiasa melihat keadaan sekitar, apa yang terjadi di dunia, yakni global warming dan pandemi,” kata Bai via panggilan video dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.
Bai menuturkan, koleksi dalam kolaborasi kedua ini menyiratkan pesan bahwa manusia harus bijak dalam berinteraksi dengan sesama serta alam sekitar. Sebanyak tujuh motif yang terinspirasi dari filosofi Jawa ia suguhkan dalam sembilan produk koleksi batik, enam motif dan enam warna kemeja pria, serta satu motif blus perempuan dengan tiga pilihan warna. Desain ini tak hanya mewakili kekayaan warisan budaya Indonesia, tetapi juga mengangkat nilai yang membawa masyarakat lebih menjaga lingkungan buat kehidupan lebih nyaman.
Proses kreatifnya dikerjakan sewaktu setahun dan deretan motif yang dihadirkan merupakan hasil dari kurasi pihak UNIQLO. Buat urusan warna, dia menyerahkannya kepada UNIQLO yang memilih warna-warna populer di kalangan pencinta fesyen.
Baca juga: Padu padan “casual look” Shenina Cinnamon hingga Ibnu Jamil

Motif pertama yang dihadirkan merupakan Sido Mukti, sebuah pola diagonal bergelombang yang mewakili keinginan saling berhubungan, menimbulkan komitmen dan pencapaian. Motif yang artinya sejahtera atau bahagia ini biasa biasanya dipakai oleh pasangan pengantin. Bai menjelaskan, motif Sido Mukti melambangkan hubungan dengan orang lain yang sewaktu pandemi sulit dijalin, tetapi penting buat kehidupan. Motif ini juga lambang hubungan dengan alam yang menyadarkan bahwa manusia hanya bagian dari jaringan yang lebih besar. Pola Sido Mukti diaplikasikan dalam blus perempuan dengan tiga warna pilihan.
Motif kedua merupakan Tirto Tedjo, artinya air dan cahaya, sebagai lambang aliran cahaya konstan, menyiratkan optimisme. Air, ujar Bai, merupakan hal yang amat penting dalam kehidupan. Air tak punya bentuk, dapat berubah-ubah dan mengalir ke berbagai tempat. Motif ini melambangkan sikap positif, optimistis, dan tahan banting seperti halnya air.
Baca juga: UNIQLO luncurkan koleksi modest musim panas 2022
“Motif ini membahas dua tantangan utama kehidupan kita kali ini, yakni krisis iklim dan pandemi,” ujar Bai.
Motif ketiga merupakan sisik ikan alias grinsing, diambil dari kata “gringsing” yang artinya “tidak sakit”. Gering artinya sakit, dan sing artinya tidak. Motif ini dipakaikan oleh orangtua kepada bayi baru lahir sebagai penolak bala, pelindung dari penyakit. Motif ini menyatukan kebutuhan manusia akan perlindungan terhadap krisis iklim dan pandemi. Diharapkan, motif sisik ikan dapat memberikan optimisme supaya menjadi kuat di tengah pandemi.
Motif keempat merupakan cakar ayam. Hewan ini identik sebagai hewan yang rajin, sejak pagi telah sibuk mencari makanan dengan menggali tanah menggunakan cakarnya. Lalu, motif cakar ayam melambangkan semangat buat tidak putus asa dan tetap ikhtiar dalam kondisi apa pun. Motif ini melambangkan harapan dan hidup mandiri, serta jejak kaki binatang di tanah di mana semua sumber kehidupan berakar.
Selanjutnya, motif air terkurung. Air padat yang terkurung dibuat dengan garis yang digambar tangan, membentuk pola kotak-kotak. Air seperti dikurung di dalam kandang, namun secara alami air takkan dapat dikurung dan pasti akan senantiasa mengalir ke luar kandang. Bai menjelaskan, makna motif air terkurung merupakan manusia merupakan bagian kecil dari alam, sehingga manusia perlu buat menghargai alam. Manusia tak boleh mengatur alam, tetapi hanya dapat mengambil bagiannya dalam ekosistem. Pandemi, kata dia, tercipta akibat kecerobohan manusia yang tidak menghargai alam.
Baca juga: Gerai Uniqlo di Rusia akan tutup sementara
Selanjutnya, motif bintang yang jadi lambang kesucian, spiritual dan keimanan.
“Buat menghadapi situasi global, kita harus kuat iman, spiritual juga bagus supaya dapat melewati ini semua,” Bai menjelaskan maknanya.
Bintang merupakan simbol energi positif dan perlindungan, menggambarkan awal baru yang mengacu kepada perubahan iklim dan pandemi. Motif bintang juga sempurna buat bulan Ramadhan.
Motif ketujuh sekaligus terakhir merupakan gunung, melambangkan keteguhan, keperkasaan serta tahan banting. Gunung, ujar Bai, melambangkan kemampuan buat menaklukkan hal tertentu, mewakili kerja keras dan tekad kuat. Motif bintang mewakili petualangan baru, mendorong manusia memperluas kehidupan dan tetap kuat serta tegar.
Marketing Director & E−Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia, Daniel Pieter, mengatakan peluncuran koleksi batik ini merupakan upaya supaya motif batik tak hanya dipakai buat acara formal, melainkan juga busana sehari-hari. Koleksi yang akan dijual di Indonesia dan Malaysia ini diharapkan dapat kian mempromosikan batik di kalangan pencinta fesyen.
“Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan inspirasi berpakaian batik motif khas Indonesia buat digunakan sehari-hari,” kata Daniel.
UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 ini akan diluncurkan secara resmi pada 4 April.
Baca juga: Koleksi baru UNIQLO – JW Anderson hadirkan busana santai khas pantai
Baca juga: Uniqlo akan luncurkan koleksi Pokemon khas Duo Magma
Baca juga: Rayakan momen imlek lebih berwarna dengan koleksi Uniqlo LifeWear
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © (BERITA24) 2022
Sumber Berita : Antaranews.com