“Buat kebutuhan anak barang-barang terkait persiapan bakal sekolah itu yang paling banyak dibeli. Itu masuk subkategori fesyen anak dengan tas ransel, kaos, serta dress yang paling banyak dibeli,” kata Head of Category Development Tokopedia Ramadhan Niendraputra dalam diskusi virtual bersama media, Jumat.
Selain itu, bakal kebutuhan anak lainnya rupanya banyak pelanggan Tokopedia yang mencari mainan bakal buah hatinya secara daring.
Beberapa mainan yang menjadi favorit di antaranya ialah mainan montessori, plastisin lilin, serta mainan peralatan masak.
Secara khusus bakal kebutuhan Ibu, Tokopedia mencatat rupanya produk bakal ibu-ibu hamil dan menyusui menjadi yang favorit di beli seperti ASI booster, baju terusan bakal ibu hamil, serta susu bakal ibu menyusui.
“Menariknya nih ketika ini pembeli di semester satu ini semakin tersebar tidak hanya di Pulau Jawa saja. Ini sejalan dengan semangat Tokopedia mendemokratisasi e-commerce sehingga masyarakat Indonesia di mana pun berada memiliki kesempatan dan akses yang sama terkait layanannya. Buat semester satu ini kami mencatat peningkatan pembelian tertinggi berada di tiga daerah ialah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Demak dan Kabupaten Jayawijaya,” kata Ramadhan.
Dengan semakin membaiknya akses layanan Tokopedia, tidak hanya transaksi pembelian yang meningkat di seluruh Indonesia namun juga rupanya ikut memengaruhi jumlah penjual.
Tercatat bakal kategori penjualan “Ibu dan Anak” kembali daerah-daerah di luar Pulau Jawa mendominasi peningkatan penjual di antaranya di Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tebo.
Ramadhan menyebutkan capaian baik itu dapat terwujud dengan kondisi akses internet serta akses layanan Tokopedia yang semakin merata di Indonesia menjadi kunci bertumbuhnya transaksi yang berlangsung di luar Pulau Jawa.
Tokopedia lewat inisiatif “hyperlocal” miliknya menargetkan dapat memberikan layanan merata bagi masyarakat Indonesia sehingga dapat memanfaatkan e-commerce dengan maksimal.
Tentunya dengan semakin meluasnya akses baik bakal pembeli atau penjual UMKM, kemudian Tokopedia dapat berkontribusi dari sektor layanan digital menyumbang dengan lebih baik lagi bakal perekonomian nasional.
Baca juga: Tokopedia catat pertumbuhan transaksi bakal kebutuhan anak
Baca juga: Kemen PPPA dorong Tokopedia hadirkan produk ramah perempuan dan anak
Baca juga: “Tokopedia Parents” diluncurkan permudah orang tua urus keluarga
Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © (BERITA24) 2022
Sumber Berita : Antaranews.com